Manajemen Reputasi PR Digital
John Dalton – Managing Corporate
Reputation
Reputasi adalah total penilaian
dari atribut-atribut stakeholder pada perusahaan, berdasarkan pada
persepsi-persepsi mereka dan interpretasi-interpretasi pada image/citra
perusahaan yang dikomunikasikan secara terus menerus.
Reputasi adalah suatu nilai yang
diberikan kepada individu, institusi atau negara. Reputasi tidak bisa diperoleh
dalam waktu singkat karena harus dibangun bertahun-tahun untuk menghasilkan
sesuatu yang bisa dinilai oleh publik. Reputasi pada dasarnya adalah nama baik
yang dinilai dari pihak eksternal dan internal. Menurut Gaotsi dan Wilson
(2001), reputasi adalah evaluasi semua stakeholder terhadap organisasi
sepanjang waktu yang didasarkan atas pengalaman stakeholder tersebut dengan
organisasi.
Manajemen adalah sebuah proses
yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan suatu organisasi dengan cara
bekerja dalam team, Ini adalah artikel pertama yang kami publikasikan di
website rocketmanajemen.com. Seperti alamat website ini, artikel pertama yang
kami bahas adalah apa itu manajemen? Mengapa harus tentang manajemen dulu yang kami
bahas? Karena, ibarat kita ingin membangun rumah otomatis kita harus membangun
pondasinya terlebih dahulu. Artinya, agar basic kita kuat tentang manajemen,
sehingga akan lebih mudah untuk menerima materi yang lain.
Reputasi yang baik merupakan
prestasi yang harus dicapai dalam dunia Publik Relation untuk bisa menjaga
eksistensi organisasi dalam masyarakat. Sebab bisa dikatakan reputasi adalah
titipan kepercayan dari masyarakat, jika perusahaan mengalami krisis
kepercayaan dari publik maka akan membawa dampak negatif terhadap reputasi dan
akan memerlukan usaha keras untuk menumbuhkan dan membangunkannya kembali
kepercayan masyarakat.
Maka, disinilah perlu adanya
manajemen reputasi. Sebagaimana Andrew Griffin dalam bukunya New Strategis for
Reputation Management ( 2008:19-24) menyebutkan bahwa ada 3 hal dalam menguasai
manajemen reputasi, yaitu:
Menguasai krisis manajemen.
Maksudnya, menguasai cara mengatasinya dengan efektif, yaitu menguasai
manajemen untuk menyelesaikan krisis dengan cepat dan efektif sebelum melakukan
pencitraan.
Menguasai isu manajemen.
Maksudnya menguasai masalah paling krusial yang menjadi tantangan manajemen.
Dalam hal ini perlu menguasai akar permasalahan bukan pencitraan bahwa
manajemen mampu menyelesaikan masalah.
Menguasai kekuatan CSR. Dalam hal
ini organisasi hadir di tengah masyarakat yang mana organisasi pertama-tama
memberikan pertanggungjawaban atas kehadirannya.
Sementara, disebutkan pula bahwa
tiga pendekatan konsep dalam manajemen reputasi, yaitu:
Pendekatan pertama, mencakup
mengenai analisis reputasi, perencanaan strategi, stakeholders relations,
pemantauan media, pelatihan media, Materi komunikasi, Media Relations,
manajemen isu dan manajemen krisis.
Pendekatan kedua, mengenai
bagaimana langkah yang lebih praktis dalam menjaga reputasi organisasi
(Lamotta, 2004), yaitu mengenai penelitian untuk mengetahui persepsi dan sikap
khalayak terhadap organisasi, membangun konsensu tentang nilai dasar dan tujuan
organisasi antara manajemen dan karyawan, mengidentifikasi janji penjualan yang
unik, dorongan pada organisasi yang dikembangkan secara internal dan eksternal,
dan iklan maupun media relations dijalankan bersama-sama untuk menyebarluaskan
pesan yang konsisten dan komrehensif.
Pendekatan ketiga dikembangkan
oleh Firma PR, Morissey & Co lebih pada Sumber Daya Organisasi dan
penyampaian kepada public, yaitu mengenai penelitian, positioning, penyusunan
pesan, dan strategi.
Dari ringkasan pemaparan diatas
mengenai konsep dan aplikasi pada beberapa teori yang dikemukakan, dapat
disimpulkan bahwa mengelola reputasi menjadi penting untuk menjaga eksistensi
korporasi. Dan pelaku PR harus siap menghadapi krisis pada korporasinya dengan
tetap menjaga transparansi perusahaan.
Sumber :
·
Griffin G. (2002). Reputation Management.
Oxford; Capstone Publishing.
·
John Doorley and Helio Fred Garcia. Management
Reputation. Newyork. Routledge
·
Peter F Anthonissen (2007). Crisis
Communication, Practical PR strategies for reputation management and company
survival. London. Kogan Page
·
Sabrina Helm dkk (2011). Reputation Management.
London. Springer

Komentar
Posting Komentar