Langsung ke konten utama

Manajemen Reputasi PR Digital

Manajemen Reputasi PR Digital


John Dalton – Managing Corporate Reputation
Reputasi adalah total penilaian dari atribut-atribut stakeholder pada perusahaan, berdasarkan pada persepsi-persepsi mereka dan interpretasi-interpretasi pada image/citra perusahaan yang dikomunikasikan secara terus menerus.
Reputasi adalah suatu nilai yang diberikan kepada individu, institusi atau negara. Reputasi tidak bisa diperoleh dalam waktu singkat karena harus dibangun bertahun-tahun untuk menghasilkan sesuatu yang bisa dinilai oleh publik. Reputasi pada dasarnya adalah nama baik yang dinilai dari pihak eksternal dan internal. Menurut Gaotsi dan Wilson (2001), reputasi adalah evaluasi semua stakeholder terhadap organisasi sepanjang waktu yang didasarkan atas pengalaman stakeholder tersebut dengan organisasi.
Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan suatu organisasi dengan cara bekerja dalam team, Ini adalah artikel pertama yang kami publikasikan di website rocketmanajemen.com. Seperti alamat website ini, artikel pertama yang kami bahas adalah apa itu manajemen? Mengapa harus tentang manajemen dulu yang kami bahas? Karena, ibarat kita ingin membangun rumah otomatis kita harus membangun pondasinya terlebih dahulu. Artinya, agar basic kita kuat tentang manajemen, sehingga akan lebih mudah untuk menerima materi yang lain.
Reputasi yang baik merupakan prestasi yang harus dicapai dalam dunia Publik Relation untuk bisa menjaga eksistensi organisasi dalam masyarakat. Sebab bisa dikatakan reputasi adalah titipan kepercayan dari masyarakat, jika perusahaan mengalami krisis kepercayaan dari publik maka akan membawa dampak negatif terhadap reputasi dan akan memerlukan usaha keras untuk menumbuhkan dan membangunkannya kembali kepercayan masyarakat.

Maka, disinilah perlu adanya manajemen reputasi. Sebagaimana Andrew Griffin dalam bukunya New Strategis for Reputation Management ( 2008:19-24) menyebutkan bahwa ada 3 hal dalam menguasai manajemen reputasi, yaitu:

Menguasai krisis manajemen. Maksudnya, menguasai cara mengatasinya dengan efektif, yaitu menguasai manajemen untuk menyelesaikan krisis dengan cepat dan efektif sebelum melakukan pencitraan.
Menguasai isu manajemen. Maksudnya menguasai masalah paling krusial yang menjadi tantangan manajemen. Dalam hal ini perlu menguasai akar permasalahan bukan pencitraan bahwa manajemen mampu menyelesaikan masalah.
Menguasai kekuatan CSR. Dalam hal ini organisasi hadir di tengah masyarakat yang mana organisasi pertama-tama memberikan pertanggungjawaban atas kehadirannya.
Sementara, disebutkan pula bahwa tiga pendekatan konsep dalam manajemen reputasi, yaitu:

Pendekatan pertama, mencakup mengenai analisis reputasi, perencanaan strategi, stakeholders relations, pemantauan media, pelatihan media, Materi komunikasi, Media Relations, manajemen isu dan manajemen krisis.
Pendekatan kedua, mengenai bagaimana langkah yang lebih praktis dalam menjaga reputasi organisasi (Lamotta, 2004), yaitu mengenai penelitian untuk mengetahui persepsi dan sikap khalayak terhadap organisasi, membangun konsensu tentang nilai dasar dan tujuan organisasi antara manajemen dan karyawan, mengidentifikasi janji penjualan yang unik, dorongan pada organisasi yang dikembangkan secara internal dan eksternal, dan iklan maupun media relations dijalankan bersama-sama untuk menyebarluaskan pesan yang konsisten dan komrehensif.
Pendekatan ketiga dikembangkan oleh Firma PR, Morissey & Co lebih pada Sumber Daya Organisasi dan penyampaian kepada public, yaitu mengenai penelitian, positioning, penyusunan pesan, dan strategi.
Dari ringkasan pemaparan diatas mengenai konsep dan aplikasi pada beberapa teori yang dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa mengelola reputasi menjadi penting untuk menjaga eksistensi korporasi. Dan pelaku PR harus siap menghadapi krisis pada korporasinya dengan tetap menjaga transparansi perusahaan.
Sumber :
·         Griffin G. (2002). Reputation Management. Oxford; Capstone Publishing.
·         John Doorley and Helio Fred Garcia. Management Reputation. Newyork. Routledge
·         Peter F Anthonissen (2007). Crisis Communication, Practical PR strategies for reputation management and company survival. London. Kogan Page

·         Sabrina Helm dkk (2011). Reputation Management. London. Springer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Geisha - Lumpuhkan Ingatanku

Cara Mudah Download Video Di Youtube Tanpa Menggunakan Software

Apa kabar semua kali ini saya akan membagikan sedikit info tentang bagaimana cara mendownload video di situ youtube. 1. Pergi ke Youtube   2. Cari video yang akan anda download 3. Tulis ss di depan tulisan youtube pada alamat URL    4. Klik Enter 5. Tunggu Sampai gamber video terlihat 6. Klik pada format video yang akan anda download atau klik tombol download

Happy Graduation