BLOG PR
Secara umum,
tugas seorang public relations (PR) adalah menciptakan opini publik yang baik
sehingga menciptakan citra (image) yang baik pula terhadap instansi atau
lembaga yang diwakili oleh seorang PR tersebut. Seorang PR mempunyai tanggung
jawab sebagai media antara masyarakat dan instansi yang diwakilinya agar
terjalin hubungan yang baik diantara keduanya, juga menjalin hubungan yang
favourable. Salah satu media yang digunakan sebagai alat penghubung dan juga
menciptakan citra adalah blog. Blog dapat dibuat secara gratis dan banyak
sekali keuntungan ketika memiliki blog. Di dalam blog juga, memungkin audiens
yang membaca blog tersebut untuk memberikan feedback seperti komentar sehingga
interaksi terjalin 2 arah dan dapat berkesinambungan. Bukan hanya itu, tampilan
blog yang dapat disesuaikan dengan keinginan blogger juga dapat dimanfaatkan
oleh seorang PR untuk menampilkan hal – hal yang terkait dengan instansi atau
lembaga yang diwakili tersebut.
Dalam era sekarang
media menjadi salah satu saran yang sangat efektif bagi praktisi PR, situs
jejaring sosial dinilai memiliki kekuatan yang besar dalam mempersuasi
masyarakat. Selain itu situs jejaring sosial juga dapat dikategorikan sebagai
alat publisitas yang efektif dalam membuat strategi branding, membangun citra,
Salah satu media jejaring social yang membantu PRdalam membangun citra positif
perusahaan dan memperkenalkan profil, serta produk perusahaan adalah blog. Blog
bagi perusahaan sebenarnya bukanlah sebuah solusi akhir untuk pemasaran.
Perusahaan tidak dapat menggantungkan pemasaran produk sepenuhnya pada blog.
Blog ini
membantu PR dalam membangun citra positif perusahaan yaitu membantu dalam memperkenalkan profil, serta produk
perusahaan. Perusahaan tidak dapat menggantungkan pemasaran produk sepenuhnya
pada blog. Salah satu fungsi blog bagi masyarakat yaitu dapat memberika
informasi mengenai apa yang diinginkan masyarakat sebagai sasaran dari suatu
perusahaan. Dimana dengan Blog juga perusahaan dapat menjalin hubungan baik dengan
pelanggan. Melalui blog,kita dapat tahu langsung apa yang diinginkan oleh
pelanggan,yaitu dilihat dari komentar yang masuk di blog,baik itu
saran,kritik,maupun kepuasan atau kekecewaan pelanggan terhadap produk dari
perusaan.
manfaat blog sebagai media PR dibandingkan dengan
media lainnya adalah :
· Untuk penyampaian informasi mengenai
suatu perusahaan
· Mempermudah dalam melakukan komunikasi
dengan pelanggan sehingga mengetaui kemauan atau keinginan pelanggan.
· Memperkenalkan identitas suatru
perusahaan agar dikenal oleh para pengguna media social khususnya blog.
· Membangun produk atau brand image
· Menjaga dialog pelanggan
· Memperlihatkan Kemampuan Perusahaan
· Meningkatkan Penjualan
· Memperbaiki Kesalahan Perusahaan
· Menciptakan citra yang baik suatu
perusahaan
Itu merupakan beberapa manfaat
blog bagi seorang Public Relations.dimana seorang PR harus dapat mempergunakan
sebaik-baiknya jejaring sosial untuk mempermudah dia dalam menjalankan tugas
serta fungsi sebagai seorang Public Relations.
Sumber : http://fungsiblogbagihumas.blogspot.co.id/

Komentar
Posting Komentar