Sumber gambar : bp.blogspot.com
Menurut Herbert M.
Baus yaitu sebagai pesan yang direncanakan, dieksekusi, dan didistribusikan
melalui media tertentu untuk memenuhi kepentingan publiknya tanpa membayar pada
media.
Perbedaan Publisitas dan publikasi :
·
Publisitas : Menggunakan Media Massa Sebagai
sarana penyebarluasan informasi.
·
Publikasi : Publikasi menggunikan media apapun dan dalam
artian yang lebih luas namun publikasi merupakan aktivitas publisitas.
Penerapan Publisitas pada era digital
Jika pada masa lalu publisitas hanya menggunakan media massa
sebagai sarana penyebaran informasi di era digital, penyebaran informasi
menjadi lebih mudah dan efektif, dengan berperannya media sosial sebagai salah
satu wadah bagi praktisi PR dalam menyebarkan informasi,
Perbedaan Iklan dan Publisitas
·
Iklan
: memiliki hak untuk menuntut pada media massa terhadap iklan. Keputusan
publikasi ada di tangan si pembayar.
·
Publisitas : tidak memiliki hak untuk menuntut
terhadap iklan yang ditayangkan dan menerima apapun yang dipublikasikan.
Keuntungan Publisitas
kualitas, kapabilitas, atau kekuatan untuk menimbulkan
kepercayaan yang lebih tinggi dibandingkan iklan, khalayak lebih mempercayai
publisitas yang dikemas dalam sajian berita, informasi dan berita tersebut adalah fakta, informasi yang disajikan tidak
berisi pesan-pesan menjual, publisitas gratis.
Kekurangan Publisitas
Dialog interaksi secara langsung, Publisitas penyampaian
informasi bersifat satu arah, pada media khalayak hanya bisa menerima informasi
tanpa dapat sedikitpun berinteraksi, tidak dapat dikontrol.
Publisitas terdiri dari 4 macam
bentuk, yaitu :
1.
Pure
Publicity : cara mempublikasikan diri kepada publik melalui aktivitas
kemanusiaan sebagai wujud dari interaksi sosial dan kultural secara murni.
2.
Free
Publicity : publisitas yang dilakukan seseorang secara bebas tanpa
mengeluarkan uang untuk membeli media dan disiarkan tanpa adanya permintaan
khusus maupun paksaan; atau ketika media sedang meliput peristiwa lainnya.
3.
Tie-In-Publicity
: dengan memanfaatkan kejadian sangat luar biasa. Contoh : dengan tampil
menjadi pembicara di sebuah forum yang diselenggarakan salah satu pihak,
menjadi sponsor gerakan anti narkoba, turut berpartisipasi dalam pertandingan
olah raga disebuah daerah.
4.
Paid
Publicity : cara mempopulerkan diri lewat pembelian rubrik atau program di
media massa. Contoh : pemasangan advertorial, iklan spot, iklan kolom, display,
bloking time program di media massa. Secara sederhananya dengan menyediakan
anggaran khusus untuk belanja media.
Sumber : academiapr.blogspot.co.id

Komentar
Posting Komentar